Materi Eksponen
Rumus Eksponen
Kenapa bisa ada rumus-rumus itu coba???
Intinya eksponen adalah bentuk yang menunjukkan nilai derajat kepangkatan. Agak susah juga buat dijelasin pake kata-kata. Tapi yang paling penting adalah untuk materi eksponen ini, nanti Teman-teman akan berhitung mengenai perpangkatan.
Memahami materi eksponen ini sangat penting, karena kedepannya Teman-teman akan menemukan berbagai macam persoalan yang tentunya terintegrasi dengan materi eksponen ini. Bahkan di dalam pelajaran di sekolah sendiri, eksponen akan ditemukan di dalam berbagai mata pelajaran. Tentunya mata pelajaran yang hitungan . Hehe ....
Sebelum itu, izinkan saya untuk membuat permisalan memakai huruf a ya?? Soalnya kalo pake x bingung lagi ngebedainnya sama perkalian.
Pada gambar yang di atas, saya memberi contoh menggunakan huruf dan angka 2 agar mudah dipahami. Setidaknya mudah dipahami oleh saya sendiri.
Jika diamati, nilai pangkat sama dengan nilai jumlah perkalian suatu bilangan. Seperti contoh yang
Jadi bisa kita tulis juga seperti gambar di bawah :
Lanjut ke tingkatan yang lebih tinggi dikit. Gimana cara hitung suatu nilai perkalian variabel yang sama, dengan pangkat berbeda?
Seperti contoh di atas, jika ada perkalian dua atau lebih variabel dengan nilai yang sama dan pangkat yang berbeda maupun sama, maka untuk mencari nilainya Teman-teman hanya harus menjumlahkan pangkatnya saja.
Cara mencari hasil pembagian dari suatu variabel yang sama dengan nilai pangkat yang berbeda juga masih relatif sama. Bedanya hanya jika perkalian maka ditambah sedangkan pembagian pangkatnya dikurangi.
Dari pengurangan bisa dapet rumus banyak juga kita.
Kalau dilihat dari gambar gampang kan???
Nah sekarang masuk ke variabel yang beda.....
Selesai juga akhirnya dasar-dasar dalam eksponen. Selanjutnya kita akan rangkum menjadi rumus-rumus dasar yang singkat.
Contoh Soal Eksponen
1. Bentuk sederhana dari pertanyaan di atas adalah.....
Jawabannya adalah A
Soal ini sering keluar di ujian. Untuk mengerjakan soal ini, Teman-teman bisa menggunakan rumus pada poin yang ke-3 dan ke-6.
2. Bentuk sederhana dari pertanyaan di atas adalah.....
Jawabannya adalah A
Soal ini sebenarnya sudah sering keluar saat SMP. Untuk mengerjakan soal ini, Teman-teman bisa menggunakan rumus pada poin yang ke-7.
3. Nilai dari pertanyaan di atas adalah.....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 8
Sementara dari permisalan kedua, kita ambil yang 4. Kenapa kok bukan yang -3??? Ya bisa sih memang nilai hasil akar dari suatu bilangan menghasilkan minus, tapi dalam hal ini kita ambil angka yang bernilai besar saja. :D
Jadi jawabannya adalah D
Ga tahu deh soal ini sering keluar atau engga, yang penting bisa ngerjain kan?? Untuk mengerjakan soal ini, Teman-teman bisa menggunakan rumus pada poin yang ke-7 dan sedikit sentuhan magis. :")
4. Jika nilai n memenuhi persamaan di atas, maka nilai dari (n-3)(n+2) = .....
a. 36
b. 32
c. 28
d. 26
e. 24
Jadi nilai dari (n-3)(n+2) = .....
(6-3)(6+2) = .....
3 x 8 = 24
Jawabannya adalah E
5. Nilai x yang memenuhi persamaan di atas adalah.....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jadi jawabannya adalah B
Share ke teman-teman Kalian ya ???? Biar kita bisa sama-sama berbagi manfaat. :D
Terima kasih. :D
Komentar
Posting Komentar